Penyebab Biduran dan Cara Mengobatinya

Penyebab Biduran dan Cara Mengobatinya

Biduran adalah salah satu kondisi di mana kulit memiliki bentol-bentol seperti digigit nyamuk tanpa ada penyebabnya. Kamu pasti akan langsung berpikir bagaimana cara yang harus dilakukan agar Kamu tidak mengalami biduran lagi dan apa penyeban biduran yang Kamu alami. Tidak ada obat yang mampu menyembuhkan biduran ini. Berikut ini beberapa Penyebab Biduran yang harus diketahui.

Pengaruh perubahan cuaca
Biduran juga bisa terjadi karena pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. Terdapat reaksi yang lebih kuat dalam tubuh sehingga menjadi biduran.

Pengaruh bahaya olahraga berlebihan
Beberapa orang juga bisa terkena biduran karena berolahraga tidak sewajarnya atau secara berlebihan. Masalah ini tidak diketahui karena ada penyebab yang berbeda. Bisa saja saat tubuh merasa terlalu panas dan lelah maka biduran akan muncul. Terkadang juga terjadi ketika tubuh sedang tidak fit ketika berolahraga. Tapi biasanya, sekali terkena biduran karena masalah ini, maka kemungkinan bisa lebih sering terjadi lagi.

Pengaruh obat-obatan
Biduran juga bisa dialami karena pengaruh obat-obatan. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan reaksi biduran yaiut seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibuprofen, obat anti inflamasi serta obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pasien sesudah menjalani prosedur operasi. Tes alergi dapat diberikan untuk mengetahui reaksi alergi terhadap obat dan mencegah biduran.

Pengaruh bahan pewarna makanan
Beberapa orang juga bisa terkena biduran sesudah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna makanan. Bahan pewarna makanan mengandung bahan kimia khusus yang memang dapat menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak yang memang tidak boleh menerima makanan dengan banyak bahan tambahan. Snack dan juga beberapa jenis keripik sering menyebabkan reaksi seperti ini.

Pengaruh bahan pengawet
Bahan pengawet yang sering menjadi bahan tambahan untuk makanan seperti produk olahan daging, minuman, dan snack juga bisa bisa menyebabkan alergi. Reaksi alergi paling sering terjadi pada orang yang memang sangat peka terhadap bahan-bahan ini. Bahan pengawet yang membentuk reaksi pada bahan makanan itu sendiri juga bisa menyebabkan resiko masalah kesehatan lain.

Pengaruh infeksi dalam tubuh
Orang yang terkena infeksi karena penyakit tertentu juga bisa terkena biduran. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang sedang menjalani perawatan akibat penyakit infeksi seperti demam, rasa sakit berlebihan dan obat tertentu. Infeksi akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan tidak bisa menerima obat yang masuk ke dalam tubuh.

Cara mengobati biduran

Biduran biasanya akan muncul dan kemudian sembuh sendiri. Namun pada kasus tertentu memang membutuhkan perawatan dokter. Berikut ini merupakan dasar pengobatan untuk biduran yang dapat dilakukan secara medis maupun perawatan rumah.

Penderita biduran yang memang sensitif dengan obat yang mengandung aspirin harus terhindar dari makanan yang mengandung asam terlalu tinggi.

Penderita biduran yang sensitif terhadap aspirin sebaiknya juga tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet maupun bahan perasa makanan. 

Pemberian obat antihistamin bisa diberikan oleh dokter untuk mengatasi gejala biduran dan mengontrol kondisi biduran agar tidak terlalu parah.

Menjauhi semua jenis pemicu biduran baik dari makanan, minuman dan kondisi cuaca. Hal ini bisa dilakukan jika Kamu sudah mengetahui apa saja penyebab biduran yang paling sering terjadi.

Biduran yang bertahan lebih dari 24 jam, maka harus segera mendapatkan perawatan dokter untuk mencegah reaksi keracunan atau kondisi yang lebih buruk.

0 komentar:

Posting Komentar