SDM Berkualitas, Kunci Bisnis Menghadapi Era Industri 4.0

Kunci Bisnis Menghadapi Era Industri 4.0
Sumber: https://www.intipesan.com/lima-penyebab-gagalnya-program-pengembangan-kepemimpinan/
Membangun bisnis memang tidak mudah. Apalagi untuk bisa bertahan dan juga mengembangkan bisnis lebih tidak mudah lagi. Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan demi menghadapi kompetisi yang semakin memanas di era ini. Apabila kamu adalah pengusaha, maka kamu bisa bergabung bersama dengan Kadin.

Ada banyak tips yang bisa dibagi untuk kamu guna mengembangkan perusahaan yang tengah menghadapi gempuran era industri 4.0. Kamu juga harus memahami pentingnya customer dan memperbanyak customer untuk bisa meningkatkan pendapatan kamu. Beberapa tips untuk mengembangkan bisnis dapat dilihat berikut.

Beberapa Cara untuk Mengembangkan Bisnis

Ada banyak cara yang perlu dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis kecil. Bahkan, tips ini juga dapat digunakan oleh pebisnis yang sudah handal juga. Intinya kamu harus mau bekerja keras untuk mengawasi, menambah pengetahuan, dan juga update terhadap setiap informasi yang ada.

1. Berusaha Mengenal Customer Kamu
Kamu yang sudah hampir satu tahun merintis usaha, sudah pasti mulai mendapatkan customer bukan. Kamu perlu untuk terus memahami karakter dan juga keinginan dari setiap customer kamu. Cara ini akan mempermudah kamu untuk bisa menawarkan produk maupun jasa.

Hal yang paling mudah untuk bisa seperti ini adalah dengan menggunakan metode feedback. Tanyakan apakah mereka sudah puas dengan produk yang diberikan maupun produk yang jasa yang diberikan oleh startup kamu.

2. Tawarkan Pelayanan yang Baik kepada Customer
Tidak setiap pelanggan yang datang ke kamu hari ini akan menjadi customer tetap alias pelanggan kamu. Namun, kamu perlu untuk selalu memberikan yang terbaik kepada setiap customer sesuai dengan ISO atau standar yang dipakai oleh perusahaan kamu.

Saat kamu memiliki pelanggan yang sudah sangat setia, kamu perlu untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada customer. Misalkan saja, berikan mereka bonus spesial setiap kali ada event di perusahaan kamu. Dijamin, mereka akan menjadi lebih loyal terhadap perusahaan kamu.

3. Jaga Hubungan Baik dengan Customer yang Sudah Ada
Menjaga hubungan baik dengan customer yang sudah ada saat ini sangat penting. Misalkan saja, berikan informasi kepada mereka tentang produk yang mereka sukai dan hal ini termasuk setiap kali ada event menggiurkan bagi customer.

Kamu juga bisa mencoba untuk mempengaruhi customer kamu untuk bisa membawa teman-temannya mencoba menggunakan produk maupun jasa yang kamu jual. Cara ini sangat efisien untuk bisa menambah jumlah customer baru untuk menjadi calon pelanggan kamu.

4. Gunakan Media Sosial
Peranan sosial media saat ini memang sangat penting. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk bisa mengembangkan bisnis dengan membidik customer yang potensial. Kamu bisa mendapatkan feedback langsung dari para customer juga melalui media sosial.

Kamu perlu untuk memetakan tren produk yang laku dan yang kurang laku berdasarkan hasil penjualan setiap kali habis posting dari media sosial. Cara ini sudah sangat terbukti untuk membangun profil bisnis dan juga menarik perhatian customer yang baru.

5. Kembangkan SDM Unggul
Mengembangkan perusahaan juga harus selalu memperhatikan SDM yang sudah ada. Kamu perlu untuk selalu meningkatkan kompetensi dari SDM yang sudah ada menjadi SDM unggulan. Bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan SDM unggul dalam perusahaan?

Setidaknya kamu perlu untuk menciptakan lingkungan bekerja yang menyenangkan. Saat seluruh karyawan senang bekerja, maka bisa dipastikan hasil yang akan diberikan juga akan lebih baik. Kamu perlu mempelajari bagaimana perusahaan Google memperlakukan karyawannya, sehingga mereka bekerja dengan bahagia dan produktif.

Selain itu, kamu juga perlu untuk membangun cara berkomunikasi antar karyawan dengan baik. Kamu bisa saja sesekali mengatakan kepada mereka mengenai kondisi keuangan perusahaan saat ini, baik dan buruknya.

Ceritakan juga kepada karyawan mengenai apa strategi kedepan yang akan digunakan perusahaan untuk membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik. Setiap kali ada perkembangan baik dari karyawan kamu, maka kamu bisa memuji mereka.

Begitulah tips cara kembangkan usaha dengan baik. Kamu bisa berbagai informasi lain yang lebih mendalam lagi dengan bergabung bersama Kadin atau Kadin Indonesia. Dijamin kamu akan memiliki koneksi dan relasi yang lebih banyak antar sesama pengusaha.

0 komentar:

Posting Komentar